Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 23, 2011

Konsep ”Demokrasi Kesehatan" dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Berbasis Empati

Gambar
(Upaya Mengedepankan Demokrasi Kesehatan Guna Meningkatkan
Mutu Pelayanan Kesehatan di Indonesia)

Oleh: AZRANI ERY SAPUTRA,S.Pi
(1). “RSUD VS PUSKESMAS“ Sekelumit Kisah Pembuka Minda.

Sekilas sub judul tulisan diatas terkesan profokatif, tapi saya tidak bermaksud begitu, karena yang saya maksudkan dalam judul tulisan ini ialah perbedaan realita, dimana tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) pelayanannya yang berbeda dilapangan. Ternyata besar kecil gedung serta jumlah para awak karyawan yang ada di kedua tempat pelayanan kesehatan masyarakat itu,memiliki perbedaan prinsip dalam melakukan pelayanan. Dari pengalaman saya hal ini nyata tergambar, di puskesmas kampung saya (yang nota bene jumlah personel yang sedikit dan ruangannya yang kecil dibanding RSUD), masyarakat miskin lebih mudah “di terima” apa adanya ketimbang di rumah sakit umum daerah yang berbanding terbalik. Sekelumit kisah berikut akan saya paparkan untuk membuka minda (hati) kita guna menimbang dan mencari strategi…